cover
Contact Name
Fetro Dola Syamsu
Contact Email
defetro@gmail.com
Phone
+6285274164449
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. aceh barat,
Aceh
INDONESIA
Bionatural: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi
ISSN : 23553790     EISSN : 25794655     DOI : -
Core Subject : Education,
Bionatural : jurnal ilmiah pendidikan Biologi publishes peer-reviewed research of special importance and broad interest in any area of biology education by research and or result of conceptual studies.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 1 (2018): BIONATURAL: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi" : 9 Documents clear
INVENTARISASI HEWAN INVERTEBRATA DI PERAIRAN PASIR PUTIH LHOK MEE KABUPATEN ACEH BESAR Rita Oktavia
Bionatural : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi Vol 5, No 1 (2018): BIONATURAL: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi
Publisher : STKIP BINA BANGSA MEULABOH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (517.54 KB)

Abstract

Abstrak: Perairan pasir putih adalah salah satu perairan laut di provinsi Aceh. Pantai pasir putih Lhok Mee, terletak di dusun Lhok Mee, Gampong Lamreh Kecamatan Mesjid raya kabupaten aceh besar. Pantai lhok mee merupakan pantai berpasir dan berkarang yang memiliki ombak yang kecil. Kawasan ini memiliki zona pasang surut yang sangat cocok untuk kehidupan biota laut, terutama kelas Gastropoda. Sedimen dasar perairan disominasi oleh pasir dan terumbu karang. Kondisi ini terus berubah yang diakibatkan oleh aktivitas manusia dan kegiatan kegiatan yang disebabkan oleh alam itu sendiri. Hal ini menjadi sorotan peneliti untuk menginventarisasi hewan invertebrata di kawasan pantai pasir putih Lhok Mee aceh besar. Tujuan untuk mengetahui jenis hewan invertebrata di Perairan Pasir Putih Lhok Mee Kabupaten Aceh Besar. Kelas Gastropoda yang ditemui pada perairan pasir putih Lhok Mee Aceh Besar yaitu kalsifikasi didasarkan bentuk yaitu Biconical, fusiform, Ovoid, turreted, conical, pateliform, Obovatus, Turbinate, dan Globose.  Sedangkan jenis lain yang ditemui adalah Bulu Babi (Diadema sp.), ordo Holothuroidea: Holothuria atra, Kelas Polyplacophora jenis Chiton sp., Kelas Holothuroidea: Timun laut (Thyone briereus), Kelas Ophiuroide: Bintang Ular Laut. Penelitian dilaksanakan pada Bulan Mei 2017 di Kawasan Pantai putih Lhok Mee,Kabupaten Aceh Besar.  Penelitian ini menggunakan metode observasi dan survei yaitu mengamati secara langsung objek di habitat aslinya.Hewan invertebrata yang ditemui dijadikan objek, kemudian diambil kemudian dimasukkan ke dalam wadah untuk diidentifikasi. Kata-kata kunci: Inventarisasi Invertebrata, Gastropoda, Echinodermata, Aceh Besar, Aceh.
PENGARUH LINGKUNGAN KERJA DAN LOCUS OF CONTROL TERHADAP KEPUASAN KERJA GURU HONORER SMK NEGERI DI KOTA BEKASI Rizki Amalia Rosowulan
Bionatural : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi Vol 5, No 1 (2018): BIONATURAL: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi
Publisher : STKIP BINA BANGSA MEULABOH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (360.646 KB)

Abstract

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lingkungan kerja dan lokus kontrol terhadap kepuasan kerja guru honorer di sekolah menengah kejuruan umum di kota bekasi. Metodologi penelitian ini menggunakan metode survei dengan analisis jalur yang diterapkan pada menguji hipotesis Responden dipilih dengan teknik simple random sampling. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) terdapat pengaruh langsung positif dari lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja, (2) terdapat pengaruh langsung positif lokus kontrol terhadap kepuasan kerja, dan (3) terdapat pengaruh langsung positif kerja lingkungan pada lokus kontrol Kata-kata kunci: Kepuasan kerja, lingkungan kerja, lokus kontrol.
PENGARUH MEDIA TANAM DAN PEMBERIAN PUPUK ORGANIK CAIR TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KAKAO (Theobroma cacao L.) Husainah Yusuf; Rahmaddin Sahputra; Rodi Irfansyah
Bionatural : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi Vol 5, No 1 (2018): BIONATURAL: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi
Publisher : STKIP BINA BANGSA MEULABOH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (259.108 KB)

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Media Tanam dan Pemberian Pupuk Organik Cair Terhadap Pertumbuhan Bibit Kakao (Theobroma cacao L.) di pembibitan. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) Faktorial yang terdiri dari 2 faktor perlakuan, Faktor Pemberian Media Tanam (M), terdiri dari 3 taraf perlakuan yaitu M1 = 80 % subsoil : 15 % kotoran sapi               : 5 % pasir, M2 = 60 % subsoil : 30 % kotoran sapi : 10 % pasir dan M3 = 40 % subsoil : 45 % kotoran sapi : 15 % pasir. Faktor pemberian pupuk organik cair Nasa (N), terdiri dari 3 taraf perlakuan N0 = 0 cc/liter (Kontrol), N1 = 4 cc/liter air dan N2 = 6 cc/liter air. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa perlakuan Pemberian media tanam subsoil, kotoran sapi dan pasir tidak dapat merangsang pertumbuhan bibit tanaman kakao di pembibitan. Pupuk organik cair tidak dapat meningkatkan pertumbuhan bibit kakao, tinggi tanaman, luas daun, jumlah daun, diameter batang dan berat biomassa. Kombinasi perlakuan antara pemberian pupuk organik cair D dengan media tanam tidak dapat merangsang pertumbuhan bibit kakao di pembibitan. Kata-kata kunci: media tanam, pupuk organik cair, bibit kakao.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI BERBASIS LINGKUNGAN TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI SISWA KELAS X Khairil Hadi; Ayu Hariani
Bionatural : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi Vol 5, No 1 (2018): BIONATURAL: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi
Publisher : STKIP BINA BANGSA MEULABOH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (562.955 KB)

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiri berbasis lingkungan terhadap hasil belajar dan motivasi siswa kelas X pada materi keanekaragaman hayati di SMA Negeri 1 Meureubo. Dalam penelitian mmenggunakan pendekatan kuantitatif dan Jenis penelitian quasi experiment dengan desain nonrandomized control group pretest-postest design. Populasi penelitian adalah seluruh kelas X SMA Negeri 1 Meureubo yang terdiri dari empat kelas (MIA 1, MIA 2, IIS 1 dan IIS 2) dengan sampel diambil secara nonprobability sampling sebanyak dua kelas yaitu  MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan MIA 2 sebagai kelas kontrol. Data dalam  penelitian  diambil dari soal test (soal pretest dan postest) dan dari angket motivasi belajar. Analisis data yang digunakan adalah Uji t-test menggunakan SPSS 20 , dan Uji Mann Whitney U test menggunakan SPSS 20. Hasil Uji t-test diperoleh nilai (thitung sebesar 17,987 dan ttabel sebesar 1,73406 (thitung > ttabel) atau nilai sig 0,000 < 0,05) yang artinya terdapat pengaruh model pembelajaran inquiri berbasis lingkungan terhadap hasil belajar siswa. Sedangkan hasil Uji Mann Whitney U test menunjukkan ada pengaruh model pembelajaran inquiri berbasis lingkungan terhadap motivasi belajar siswa, hal ini terlihat dari nilai sig. 0,000 (sig. < 0,05). Kata-kata kunci: Model pembelajaran Inquiri, Lingkungan, Hasil Belajar, Motivasi Belajar.
TINJAUAN HISTOLOGI OTOT DADA (MUSCULUS PECTORALIS) AYAM LOKAL PEDAGING UNGGUL (ALPU) DENGAN PEMBERIAN PAKAN FERMENTASI, PROBIOTIK DAN MULTI ENZIM PENCERNAAN Fita Ridhana
Bionatural : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi Vol 5, No 1 (2018): BIONATURAL: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi
Publisher : STKIP BINA BANGSA MEULABOH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (484.7 KB)

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian pakan fermentasi dengan persentase berbeda yang ditambahkan probiotik dan enzim pencernaan terhadap gambaran serabut otot daging, jumlah dan diameter otot daging ayam. Penelitian dilakukan di Riset Ie Seum selama 3 bulan, kemudian dilanjutkan di Laboratorium Histologi Fakultas Kedokteran hewan, Universitas Syiah Kuala. Penelitian menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 4  ulangan,  yaitu  pemberian pakan fermentasi 0 % (A),  10 % (B),  20 % (C), dan 30 % (D). Penelitian ini menggunakan daging ayam lokal pedaging unggul (ALPU) yang berumur 10 minggu. Sampel daging yang diambil adalah bagian dada masing-masing sebanyak 16 sampel. Parameter yang diamati dari struktur histologis daging ayam meliputi  pengamatan dan menghitung jumlah serabut otot (myofibril), diameter myofibril dan fasikulus. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan ANOVA, dan dilakukan uji Duncan apabila data yang diperoleh berbeda nyata. Hasil penelitian menyatakan bahwa pemberian pakan fermentasi dengan tambahan probiotik dan multi enzim pencernaan berpengaruh nyata (P<0.05) terhadap jumlah serabut  otot dada (myofibril) tetapi tidak berpengaruh nyata (p>0.05) terhadap diameter myofibril dan fasikulus diameter. Disarankan penggunaan 30% pakan fermentasi untuk meningkatkan kualitas daging ayam. Kata-kata kunci: fermentasi, probiotik, enzim, otot dada.
PENGARUH PAKAN FERMENTASI TERHADAP KADAR PROTEIN KADAR AIR DAN KADAR LEMAK DAGING AYAM LOKAL PEDAGING UNGGUL (ALPU) Syah Hadiid Thaariq
Bionatural : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi Vol 5, No 1 (2018): BIONATURAL: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi
Publisher : STKIP BINA BANGSA MEULABOH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (418.794 KB)

Abstract

Abstrak: Penelitian tentang pengaruh pakan fermentasi terhadap kadar protein dan kadar air daging ayam ALPU. Penelitian telah dilakukan di University Farm Ie Seu’m Kabupaten Aceh Besar dan Departemen Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan Laboratorium Terpadu Institut Pertanian Bogor, selama 90 hari yang dimulai dari tanggal 13 September sampai dengan 6 Desember 2015. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh pakan fermentasi terhadap kadar protein dan kadar air daging ayam ALPU. Perlakuan yang diberikan adalah empat tingkat persentase pakan fermentasi yaitu A(0%) sebagai kontrol, B(10%), C(20%) dan D (30%). Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) 4 perlakuan 4 ulangan. Variabel yang diamati kadar protein dan kadar air pada daging ayam ALPU. Data yang diperoleh menggunakan analisa sidik ragam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian pakan fermentasi tidak berpengaruh (P>0,05) pada kadar protein dan kadar air pada daging ayam ALPU. Kata-kata kunci: Ayam ALPU, fermentasi, kadar protein, dan kadar air.
PENGARUH MEDIA TANAM DAN PEMBERIAN PUPUK POSFAT TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT (Elaeis gueneensis jacg) YANG BERUMUR 0-3 BULAN Usman Junedi; Syariani Tambunan; Nico Syahputra Sebayang
Bionatural : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi Vol 5, No 1 (2018): BIONATURAL: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi
Publisher : STKIP BINA BANGSA MEULABOH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (467.904 KB)

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media tanam dan pemberian pupuk posfat serta ada tidaknya interaksi antara kedua faktor tersebut terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit.Penelitian dilaksanakan di Desa Bambel Kecamatan Bambel  Kabupaten Aceh Tenggara, penelitian ini dilaksanakan pada bulan April s/d Juni 2017. Rancangan yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) pola faktorial, yaitu faktor media tanam dan faktor pemberian Pupuk posfat. Faktor media tanam terdiri dari 2 taraf yaitu tanah sub soil + pupuk kandang (M1) dan tanah sub soil + pasir (M2). Faktor pemberian Pupuk posfat terdiri dari 3 taraf yaitu 0 gram/liter air (F0), 0,5 gram/liter air (F1) dan 1 gram/liter air (F2). Sehingga terdapat 6 kombinasi perlakuan dan 18 plot percobaan, setiap plot percobaan terdiri atas 4 tanaman sehingga secara keseluruhan terdapat 72 tanaman. Parameter yang diamati adalah tinggi tanaman (cm) umur 3, 6, 9 dan 12 minggu setelah pindah tanam (MSPT), diameter batang (cm) umur 3, 6, 9 dan 12 minggu setelah pindah tanam (MSPT) dan jumlah daun umur 3, 6, 9 dan 12 minggu setelah pindah tanam (MSPT). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan media tanam dan perlakuan pemberian pupuk posfat berpengaruh tidak nyata terhadap semua parameter yang diamati. Sedangkan interaksi antara media tanam dan pemberian pupuk posfat berpengaruh sangat nyata terhadap semua parameter yang diamati. Kata-kata kunci: Bibit kelapa sawit, media tanam, pupuk posfat.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI SIFAT SIFAT BENDA KELAS III SD NEGERI SUAK PANDAN KECAMATAN SAMATIGA KABUPATEN ACEH BARAT Fetro Dola Syamsu; Rahmiyani Rahmiyani
Bionatural : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi Vol 5, No 1 (2018): BIONATURAL: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi
Publisher : STKIP BINA BANGSA MEULABOH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (429.584 KB)

Abstract

Abstrak: Tujuan dilakukan penelitian  ini  adalah untuk  meningkatkan  hasil  belajar  siswa  pada  mata  pelajaran IPA  materi  sifat-sifat  benda  kelas  III  SD  Negeri  Suak  Pandan melalui penerapan  model  pembelajaran  kooperatif  Numbered  Heads  Together (  NHT). Pendekatan  penelitian  ini  menggunakan  Pendekatan  penelitian  Kualitatif. Jenis  penelitian ini  Penelitian  Tindakan  Kelas-(PTK), Waktu  Penelitian  pada  bulan  Agustus  2017  di  SD  Negeri  Suak  Pandan  Kecamatan  Samatiga  Kabupaten  Aceh  Barat   Tahun  Ajaran  2017 / 2018  pada  semester  ganjil. Subjek  dalam  penelitian  berjumlah  9  orang  yang  terdiri  dari  3  laki-laki  dan  6  perempuan.  Instrumen  dalam  penelitian  ini terdiri:  lembar  tes  dan  lembar  observasi. Teknik  pengumpulan  datanya seperti : Observasi, dan  tes.  Teknik  analisis  data  dalam  penelitian  ini  Persentase. Kesimpulan  dari  pembahasan ini  adalah  Numbered  Heads  Together  adalah  suatu  metode  belajar  dimana  setiap  siswa  nomor  kemudian  dibuat  suatu  kelompok   secara  acak  guru  memanggil  nomor  dari  siswa. Hasil belajar adalah  perubahan  perilaku  peserta didik  belajar. Berdasarkan  hasil  penelitian  penerapan  model  pembelajaran  kooperatif  Numbered  Heads  Together ( NHT )  untuk  meningkatkan  hasil  belajar  siswa  pada  mata  pelajaran  IPA  materi  sifat-sifat  benda  kelas  III  SD  Negeri  Suak  Pandan  dapat  meningkatkan  hasil  belajar  dalam  pelajaran IPA, hal  ini  ditunjukkan  bahwa  siswa  tertarik  dengan  model  pembelajaran  Numbered  Heads  Together ( NHT) sehingga  mereka  senang  dalam  belajar. Kata-kata kunci: Model  Pembelajaran  Numbered  Heads  Together ( NHT),  Hasil  Belajar,.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION Rufa Hera
Bionatural : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi Vol 5, No 1 (2018): BIONATURAL: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi
Publisher : STKIP BINA BANGSA MEULABOH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (439.174 KB)

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran Group Investigation terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri I Kuala Kabupaten Nagan Raya. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan Jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Adapun yang menjadi lokasi penelitian ini adalah SMA Negeri I Kuala Kabupaten Nagan Raya dilakukan pada tanggal 28 agustus 2017 sampai dengan selesai pada semester ganjil tahun ajaran 2017. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Mia 2 berjumlah 22 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas dan tes. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah rumus presentase . Berdasarkan hasil penelitian pada tahap pra tindakan hanya 1 orang siswa atau 4,5% siswa yang tuntas dengan nilai rata – rata keseluruhan siswa adalah 37,2. Pada siklus I, ada 7 siswa atau 31,8% yang mengalami ketuntasan belajar dengan nilai rata – rata keseluruhan siswa adalah 62,2. Pada siklus II, 20 siswa atau 90,9% telah mencapai ketuntasan dengan nilai rata – rata siswa adalah 82,7. Hasil pengamatan observasi aktivitas siswa secara klasikal pada siklus I termasuk dalam kategori cukup aktif, dan mengalami perubahan pada siklus II, yaitu dalam katergori aktif. Dengan demikian, nilai rata – rata terjadi peningkatan ketuntasan belajar biologi dari siklus I ke siklus II yaitu : 20,5%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan model pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Keanekaragaman makhluk hidup pada kelas X SMA Negeri I Kuala Kabupaten Nagan Raya. Kata-kata kunci: Peningkatan, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Group Investigation, Keanekaragaman makhluk hidup.

Page 1 of 1 | Total Record : 9